Skip to main content

Part 6 Sharing Button Bar - BAGAIMANA CARA MEMBUAT TEMPLATE BOOTSTRAP 4 SENDIRI

Assalaikum wr wb

Apa kabar teman sekalian, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat NavBar menggunakan Bootstrap 4 yang telah disediakan. Seperti yang kalian ketahui bahwa Bootstrap 4 menyediakan beberapa fitur css yang sudah ada dan juga responsive pada smartphone, jadi kita mudah dalam pembuatan template website.



Didalam pembahasan kali ini saya akan membagikan beberapa tips untuk membuat Sharing Button Bar. Kali saya akan menjelaskan tentang tutorial lanjutan cara membuat template dengan bootstrap 4, namu ditambah dengan beberapa css sendiri yang saya desain. Teman-teman bisa mengikutinya dari awal atau langsung.

Hal-hal tersebut harus kita perhatikan karena itu jika tidak diperhatikan maka akan terjadi ketidak sesuaian struktur css atau tata letak template yang akan dibuat. Lihat gambar dibawah ini adalah contoh konten yang saya buat.

Ok langsung saja kita masuk kepembahasan tentang Bagaimana cara membuat Sharing Button Bar menggunakan bootstrap 4. Liat langkah dibawah ini bagaimana cara Bagaimana cara membuat Sharing Button Bar menggunakan bootrtrap 4.
  1. Pertama seperti tutorial sebelumnya Bagaimana cara membuat template Bootstrap 4 sendiri - Part 1 Instalasi Bootstrap kalian harus menyiapkan bahannya. Bagi teman yang belum mengikuti langkah awal silakan klik artikel ini Bagaimana cara membuat template Bootstrap 4 sendiri - Part 1 Instalasi Bootstrap.
  2. Ada pun langkah selanjutnya teman-teman bisa download bahannya untuk menjalankannya, ada beberapa item yang dibutuhkan dalam pembuatan.
  3. Langkah ketiga kita masukan dulu link stylesheetnya seperti gambar yang ada dibawah ini. 
  4. Selanjutnya kita akan membuat koding css tambahan disini saya memasukan css internal css, bisa dilihat kodingnya digambar ini.
  5. Lalu simpan dengan didalam folder yang sudah dibuat pada tutotial yang sebelumnya Bagaimana cara membuat template Bootstrap 4 sendiri - Part 1 Instalasi Bootstrap dengan format namafile.html, setelah itu coba jalankan.
Dari langkah tersebut saya akan menjelaskan beberapa koding css yang ada. Yang pertama anda bisa melihat gambar dibawah ini.

Bisa dilihat ada yang ada didalam class itu beberapa koding css, icon disini saya memasukan beberapa koding css yaitu menambahkan padding : 20 px; berfungsi membuat suatu jarak antara content dan border sekitar 15px. kemudian font-size : 15 px; lebar widht: auto; text-align: center yang berguna untuk membuat setiap text mejadi ketengah.

Kemudian selanjutnya text-decoration: none; artinya membuat tulisan tidak ada dekorasi atau ada garis. Ada juga margin margin: 5px 2px; yang berfungsi untuk membuat batas luar antara border, lalu yang terakhir adalah  border-radius: 50%; itu fungsinya membuat sebuah lengkungan pada konten sekitar 50%.

Mungkin itu saja penjelasan dari saya jika kurang paham, bisa lihat video dibawah ini, atau silakan tinggalkan komentar dibawah ini, dan jangan lupa share pada teman-teman yang mau belajar tentang cara membuat template sendiri.




Itulah pemaparan yang saya buat jika ada kata-kata yang salah saya mohon maaf saya akhiri, wasalamulaikum wr wb.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Part 2 Nav Bar - Bagaimana cara membuat template Bootstrap 4 sendiri

Assalaikum wr wb Get Link Apa kabar teman sekalian, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat NavBar menggunakan Bootstrap 4 yang telah disediakan. Seperti yang kalian ketahui bahwa Bootstrap 4 menyediakan beberapa fitur css yang sudah ada dan juga responsive pada smartphone, jadi kita mudah dalam pembuatan template website. Kali ini kita akan membahas Bagaimana cara membuat NavBar dimana navbar sangat penting didalam struktur dalam website, NavBar atau istilah kerennya Navigation Bar adalah sebuah balok atau menu-menu yang mana menu tersebut berguna untuk menunjukan suatu judul besar konten website kita, biasanya terletak dipaling atas atau bagian kanan atau kiri sebuah website, bentuk navbar ada yang horizontal dan ada yang vertical. Jika kita membuat navbar dengan menggunakan  koding css tersendiri itu agak memakan waktu. Oleh karena itu terciptalah sebuah framework font-end dimana bootstrap telah merancang sebuah koding css yang sudah responsive

Part 1 Instalasi Bootstrap - Bagaimana cara membuat template Bootstrap 4 sendiri

Assalamulaikum wb wb Get Link Hai kawan-kawan apa kabar, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat template web sendiri menggunakan Bootstrap 4. Apa itu Bootstrap 4 ? bootstrap suatu framework front-end yang bagus, dan mempermudah kita dalam mendesain sebuat tampilan website yang responsive dengan mobile dalam bootstrap sudah disediakan liberary css dan javascript untuk memangun sebuah template yang elegan dan juga kita bisa menggabungkan koding css kita sendiri dengan bootstrap. Dengan bootstrap kita bisa membangun website yang dinamis atapun yang statis. Ada beberapa berapa versi bootstrap yang ada saat ini, yaitu versi bootstrap 3 dan juga yang update ada versi bootstrap 4. Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana Cara membuat template Bootstrap 4 sendiri - Part 1 Instalasi Bootstrap. Go to Link Bagaimana cara memulai membuat website dengan bootstrap, yah pertama kalian harus mengisntal beberapa tools dalam proses pembuatan website, langkah pertam